Hello..Please Welcome Cara memasang tampilan “Show-Hide” Konten di Blog Anda | Mikeforesto

Tuesday, March 4, 2014

Cara memasang tampilan “Show-Hide” Konten di Blog Anda

Terkadang postingan blog yang kita buat terlalu panjang untuk ditampilkan secara penuh dalam sebuah halaman blog. Terutama apabila terdapat tambahan gambar-gambar, yang membuat halaman blog menjadi sangat panjang. Halaman blog yang terlalu panjang ke bawah membuat pengunjung harus melakukan blog roll mouse yang lama untuk membaca atau melihat semua postingan kita pada halaman tersebut. Selain membuat tampilan halaman menjadi tidak menarik, tampilan halaman yang terlalu panjang juga menjauhkan pengunjung dari tampilan-tampilan iklan, related post, posting terbaru, label, profil, dan lain-lain, yang kita pasang baik di bagian top header, atau yang dipasang di widget sisi kiri atau kanan blog kita.


Ada beberapa cara untuk memperpendek tampilan halaman ini, yaitu : 

pertama, jika blog kita berisi postingan tentang artikel, opini, ceritera, dan sebagainya, maka setiap judul atau sub judul artikelnya dibuat halaman tersendiri, lalu dibuat sebuah halaman utama postingan yang menampilkan semua judul atau sub judul artikel tersebut dengan link ke masing-masing halamannya. 

Kedua, jika ada banyak gambar atau tulisan tambahan yang ingin ditampilkan dalam satu halaman saja, maka cara ini bisa dilakukan, yaitu dengan memasang kode untuk menampilkan atau menyembunyikan konten. Kode ini mirip dengan tombol spoiler yang ada  di forum-forum. Cara memasangnya sebagai berikut :

1.   Masuk ke dashbor blogger Anda, klik pada Template, Edit HTML, lalu Cari kode </head>. Cara mencarinya dengan menekan control F pada tampilan HTML template. Lalu paste kan kode </head> pada bilah pencarian yang tampil, lalu tekan Enter. Jika kodenya telah ditemukan, lalu copy dan paste kan kode javascript berikut ini di atas kode </head> yang ditemukan.

<script language='javascript' type='text/javascript'>
function showHide() {     var ele = document.getElementById("showHideDiv");
 if(ele.style.display == "block") {             ele.style.display = "none";       }
else {         ele.style.display = "block";     } }
</script>

2.   Setelah itu, klik Save Template.

3.   Masuk atau klik pada Post untuk mengedit postingan yang pernah dibuat, atau pada Entri Baru untuk membuat postingan baru. Jika yang dibuat adalah postingan baru, maka buatlah postingan sebagaimana biasanya. 

4.   Jika pada postingan ada bagian yang ingin di show-hide, maka tambahkan kode pada konten yang ingin di isi tombol buka tutupnya (show-hide). Caranya dengan copy paste kode di bawah ini dan letakan kontennya (atau bagian dari postingannya) di tempat yang telah dikasih tanda (block biru) di bawah ini.



<form action="" method="post">
<input onclick="return showHide();" type="button" value="Show-Hide" />
</form>
<div id="showHideDiv" style="display: none;">

---------> Kontennya Disini <---------

</div>

5.    Konten yang di Show-Hide bisa apa saja,.. bisa gambar, teks atau apapun. Untuk mengedit/ mengganti tulisan di tombolnya sesuai selera Anda, ganti saja tulisan Show-Hide (yang diblock merah) di atas sesuai keinginan Anda. Misalnya diganti dengan Perlihatkan-Sembunyikan, atau Tampilkan-Sembunyikan, dan lain-lain sesuai keinginan Anda.

6.    Lalu, klik Save (Simpan), atau Perbarui (jika mengedit).

7.    Klik pada Lihat Blog untuk melihat hasil pekerjaan Anda ini.

hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini (diklik saja, ya..hehe) :






atau dapat pula dilihat pada judul postingan berikut : Inilah Jejak Sejarah Bung Karno Selama Menjalani Masa Pengasingan di Ende

Demikian cara mudah memasang tombol Show-Hide di blog. Semoga bermanfaat.


No comments: